Sudah Kenal Pemain, Alasan Hierro Latih Timnas Spanyol

By Jalu Wisnu Wirajati - Kamis, 14 Juni 2018 | 07:27 WIB
Fernando Hierro diperkenalkan oleh Presiden RFEF Luis Rubiales sebagai pelatih baru timnas Spanyol di Krasnodar Academy untuk menggantikan Julen Lopetegui, 13 Juni 2018.
Fernando Hierro diperkenalkan oleh Presiden RFEF Luis Rubiales sebagai pelatih baru timnas Spanyol di Krasnodar Academy untuk menggantikan Julen Lopetegui, 13 Juni 2018.

KRASNODAR, KOMPAS.com - Kedekatan dan sudah tahu dan mengenal para pemain di timnas Spanyol menjadi alasan Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) menunjuk Fernando Hierro sebagai pelatih bagi Sergio Ramos dkk pada piala Dunia 2018. 

Julen Lupetegui resmi dipecat oleh timnas Spanyol pada Rabu (13/6/2018). Presiden RFEF, Luis Rubiales, kecewa karena Lopetegui dianggap telah melanggar kode etik ketika menerima pinangan melatih Real Madrid saat timnas Spanyol tengah bersiap menuju Piala Dunia.

Rubiales bergerak cepat. Fernando Hierro yang asalnya bertugas sebagai direktur teknik timnas, turun langsung menangani Tim Matador untuk Piala Dunia 2018.

"Saya ingin berterima kasih kepada Fernando Hierro karena telah menerima tantangan besar ini dan kami memercayakan timnas Spanyol ke tangannya," kata Luis Rubiales seperti dilansir BolaSport.com dari Marca.

Baca juga: Jadwal Lengkap Piala Dunia 2018, Awal dan Akhir di Moskow

"Kami selalu mengatakan bahwa ingin mengubah sedikit kemungkinan, jadi pergantian harus seseorang yang mengenal pemain. Mereka menerima Hierro dengan senang dan tangan terbuka, serta ingin membantunya dalam segala hal," ujar dia.

Hierro akan mulai memimpin latihan Tim Matador dalam persiapan menghadapi partai pembuka Grup B melawan Portugal, Jumat (15/6/2018).

Hierro adalah sosok legenda bagi timnas Spanyol. Eks kapten Real Madrid ini memperkuat timnas Spanyol dari tahun 1989 hingga 2002.

Hierro yang juga sempat menjabat sebagai kapten Tim Matador. Dia tampil 89 kali dengan torehan 29 gol bagi timnas Spanyol.  Catatan gol itu terbilang cukup mengagumkan mengingat posisinya sebagai pemain bertahan.

Berkat torehan 29 golnya tersebut Hierro sempat tercatat sebagai pencetak gol terbanyak timnas Spanyol sebelum dilampaui oleh Raul Gonzales.

Penunjukan Hierro sebagai pengganti Lopetegui ini membuat "aroma" Real Madrid kian kental di timnas Spanyol, setidaknya dalam satu dekade terakhir.

Hal tersebut dimulai ketika Vincente del Bosque menjabat sebagai pelatih timnas Spanyol pada tahun 2008 menggantikan Luis Aragones. Del Bosque merupakan mantan pemain dan pelatih yang sukses bersama Real Madrid.

Bersama La Furia Roja, Del Bosque mampu mempersembah gelar Piala Dunia 2010 dan Piala Eropa 2012.

Masa kepelatihan Del Bosque berakhir pada 2016 dan dilanjutkan oleh Julen Lopetegui. Dia merupakan mantan pemain Real Madrid.

Editor : Jalu Wisnu Wirajati
Sumber : BolaSport
Komentar

Artikel Terkait

Berita Lainnya