4 Jagoan Djadjang Nurdjaman di Piala Dunia 2018

By Kontributor Gresik, Hamzah Arfah - Kamis, 14 Juni 2018 | 10:01 WIB
Antonio Ruediger dan Gabriel Jesus berebutan bola pada pertandingan uji coba Jerman vs Brasil di Stadion Olimpiade Berlin, Selasa (27/3/2018).
Antonio Ruediger dan Gabriel Jesus berebutan bola pada pertandingan uji coba Jerman vs Brasil di Stadion Olimpiade Berlin, Selasa (27/3/2018).

KOMPAS.com – Hajatan akbar pesta sepakbola Piala Dunia 2018 yang bakal dimulai dalam hitungan beberapa jam ke depan atau tepatnya pada Kamis (14/6/2018) malam. Ajang empat tahunan ini menyedot perhatian para penggemar sepakbola.

Itu pula yang dirasakan oleh pelatih PSMS Medan, Djadjang Nurdjaman. Menurut penilaian pelatih yang akrab disapa Djanur ini, Jerman, Brasil, Perancis, dan Belgia difavoritkan bakal menjadi empat tim semifinalis Piala Dunia 2018.

“Ada beberapa kandidat yang bakal melaju sampai babak empat besar. Menurut saya, Jerman, Brasil, Perancis, dan Belgia,” ujar Djanur saat dihubungi Kompas.com, Rabu (13/6/2018).

Baca juga: Jadwal Lengkap Piala Dunia 2018, Awal dan Akhir di Moskow

Djanur mengungkapkan alasan dirinya berani menjagokan empat tim tersebut. Namun, ada beberapa pula kelemahan dari beberapa tim tersebut.  

“Belgia punya materi pemainnya mumpuni, cukup bagus-bagus, banyak bintang di sana. Namun, di level Piala Dunia, mereka memang kurang pengalaman,” ucap dia.

“Perancis didukung materi pemain bagus untuk tahun ini. Mereka juga sudah pernah juara Piala Dunia 1998. Mereka juga diarsiteki pelatih yang sempat menjadi bagian dari tim 1998 (Didier Deschamps) yang menjuarai Piala Dunia waktu itu,” kata dia.

Hal sama juga berlaku bagi Brasil dan Jerman. Hanya, selain didukung oleh materi pemain mumpuni serta pelatih andal, Brasil dan Jerman didukung faktor kuat tradisi juara.

Jerman sudah merasakan tampil sebagai jawara Piala Dunia sebanyak empat kali, sedangkan Brasil jadi yang terbanyak dengan lima kali.

“Kalau Jerman, materi juga bagus dan stabil. Mereka punya pengalaman, bahkan sangat berpengalaman," ucap Djanur. 

"Jerman memang sempat kurang meyakinkan saat uji coba, tetapi sebagai tim yang punya pengalaman, saat babak utama itu biasa tampil berbeda. Mereka pasti akan fight, pasti lebih termotivasi,” tutur dia.

Baca juga: Jadwal Siaran Langsung Piala Dunia 2018, Fase Grup 14-28 Juni

Soal Brasil, Djanur menyebut sejumlah keberadaan pemain bintang seperti Marcelo, Neymar, hingga Ederson yang bisa menjadi pembeda. 

“Banyak pemain berkualitas yang bisa jadi motor permainan tim dan tersebar di beberapa klub elite Eropa. Pengalaman juga sangat mumpuni," kata Djanur mengulas. 

"Namun, kali ini Piala Dunia main di Eropa Timur. Brasil harus adaptasi cuaca. Saya pikir hanya itu kendalanya,” ucap dia.

Ketika dua tim yang bakal berlaga di babak puncak, Djanur menjagokan dua tim terakhir. Jerman dan Brasil diprediksi Djanur akan bertemu pada partai puncak.

KOMPAS.com/LAKSONO HARI WIWOHO Skor Final Piala Dunia

Editor : Jalu Wisnu Wirajati
Artikel Terkait

Berita Lainnya