Pelatih Timnas Jerman Ikut Komentari Pemecatan Pelatih Spanyol

By Jalu Wisnu Wirajati - Kamis, 14 Juni 2018 | 10:15 WIB
Pelatih timnas Jerman, Joachim Loew, mengadakan jumpa pers di markas latihan tim, Watutinki, 13 Juni 2018.
Pelatih timnas Jerman, Joachim Loew, mengadakan jumpa pers di markas latihan tim, Watutinki, 13 Juni 2018.

MOSKWA, KOMPAS.com - Pemecatan pelatih timnas Spanyol, Julen Lopetegui, Rabu (13/6/2018), ikut dikomentari oleh pelatih timnas Jerman, Joachim Loew. Dia mengaku terkejut dengan hal yang berlangsung tiba-tiba itu. 

"Saya terkejut karena terjadi dengan sangat tiba-tiba. Pergantian itu akan menyebabkan kesulitan dan kegelisahan," ucap Joachim Loew seperti dilansir BolaSport.com dari situs web FourFourTwo.

"Saya tidak tahu latar belakang dari keputusan Federasi Sepak Bola Spanyol itu. Secara halus, itu sangat tidak biasa jika bukan sesuatu yang dahsyat," ucapnya.

Julen Lopetegui dipecat dari kursi pelatih timnas Spanyol, sehari setelah resmi ditunjuk sebagai pelatih Real Madrid.

Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) menilai Lopetegui melanggar kode etik karena memberi tahu hal tersebut hanya lima menit menjelang Real Madrid mengeluarkan pernyataan resmi. 

Baca juga: Julen Lopetegui Dipecat, Tak Ada Pemberontakan di Skuad Spanyol

Fernando Hierro ditunjuk sebagai pelatih baru. Namun, Loew menilai pemecatan Lopetegui takkan terlalu berpengaruh terhadap gaya permainan Spanyol. 

"Fernando Hierro punya pengalaman melatih, sempat menjadi asisten pelatih di Real Madrid dan Direktur Olaharaga Valencia. Namun, saya tidak bisa menilai kualitasnya sebagai pelatih," kata Loew.

"Namun, pemain Spanyol sudah sangat lama bermain bersama. Mereka memiliki filosofi jelas. Pemain saling mengenal satu sama lain dengan baik, jadi bersama atau tanpa Lopetegui, Spanyol tidak akan kehilangan kelas dan kualitas mereka," tuturnya.

Timnas Spanyol akan mengawali laga pertama Grup B pada Jumat (15/6/2018). Derbi Semenanjung Iberia akan terjadi ketika mereka berhadapan dengan timnas Portugal. (Wisnu Nova) 

Editor : Jalu Wisnu Wirajati
Sumber : BolaSport
Komentar

Artikel Terkait

Berita Lainnya