Gantikan Lopetegui Latih Spanyol, Hierro Takkan Lakukan Perubahan

By - Kamis, 14 Juni 2018 | 10:53 WIB
Fernando Hierro menjawab pertanyaan wartawan seusai resmi ditunjuk sebagai pelatih baru timnas Spanyol di Akademi Krasnodar, 13 Juni 2018.
Fernando Hierro menjawab pertanyaan wartawan seusai resmi ditunjuk sebagai pelatih baru timnas Spanyol di Akademi Krasnodar, 13 Juni 2018.

KRASNODAR, KOMPAS.com - Fernando Hierro resmi ditunjuk sebagai pelatih baru timnas Spanyol menggantikan Julen Lopetegui, Rabu (13/6/2018). Mantan kapten timnas Spanyol itu siap menerima tanggung jawab besar menukangi Sergio Ramos dkk di Piala Dunia 2018.

Spanyol tergabung di Grup B pada Piala Dunia 2018 bersama Portugal, Maroko dan Iran. Tim berjulukan La Furia Roja akan memulai laga fase grup menghadapi Portugal pada Juat (15/6/2018) atau Sabtu dini hari WIB.

Meski hanya memiliki waktu dua hari untuk mempersiapkan diri, Fernando Hierro mengaku siap mengemban tanggung jawab tersebut dan mengatakan timnas Spanyol sudah memiliki skuad yang solid.

"Ini adalah tantangan yang bagus dan menarik. Keadaannya seperti apa adanya dan mulai sekarang saya menerima tanggung jawab dengan penuh keberanian, tidak mungkin ada cara lain," kata Hierro dikutip BolaSport.com dari situs web Marca. 

Baca juga: Piala Dunia 2018 - Jadwal Timnas Jerman di Fase Grup

Mantan kapten Real Madrid ini juga mengatakan tak akan banyak mengubah timnas Spanyol dalam dua hari jelang Piala Dunia 2018.

"Kami memiliki sekelompok pemain yang telah bersama selama dua tahun untuk bekerja menuju Piala Dunia ketika saya bekerja di posisi direktur teknik," kata Hierro. 

"Mulai sekarang hingga pertandingan kontra Portugal, kami tidak memiliki kemampuan untuk banyak melakukan perubahan," ujarnya menambahkan.

Menurut Hierro, hal itu dilakukannya karena sudah kenal betul dengan karakter para pemain di timnas Spanyol. Saat menjabat sebagai direktur teknik, dia hadir di lapangan dari hari ke hari bersama Julen Lopetegui. 

"Kami tidak dapat mengubah apa pun dalam dua hari. Kuncinya adalah melakukan perubahan sesedikit mungkin," tuturnya. 

Hierro ditunjuk sebagai pelatih timnas Spanyol pasca-pemecatan Julen Lopetegui. Pemecatan ini sendiri dipicu karena Lopetegui baru memberitahu Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) soal akan melatih Real Madrid, lima menit sebelum pengumuman resmi klub, Selasa (12/6/2018).

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Grup B Piala Dunia 2018 Rusia

Editor : Jalu Wisnu Wirajati
Sumber : BolaSport
Artikel Terkait

Berita Lainnya