Yuri Gazinskiy Cetak Gol Pertama, Babak Pertama Rusia Ungguli Arab Saudi 2-0

By - Kamis, 14 Juni 2018 | 23:22 WIB
Gelandang Timnas Rusia, Yuri Gazinskiy, merayakan gol yang dicetaknya dalam laga pembukaan Piala Dunia 2018 menghadapi Arab Saudi di Luzhniki Stadium, 14 Juni 2018.
Gelandang Timnas Rusia, Yuri Gazinskiy, merayakan gol yang dicetaknya dalam laga pembukaan Piala Dunia 2018 menghadapi Arab Saudi di Luzhniki Stadium, 14 Juni 2018.

MOSKWA, KOMPAS.com - Gol pertama di Piala Dunia 2018 tercipta dari pemain menjadi tuan rumah Rusia, yakni Yuri Gazinskiy.

Pertandingan timnas Rusia melawan timnas Arab Saudi di Stadion Luzhniki, Kamis (14/6/2018) malam, menjadi laga perdana sekaligus membuka pesta empat tahunan tersebut.

Gol pertama tercipta di menit ke-12 menit. Tandukan Gazinskiy mengoyak gawang tim tamu yang dijaga kiper Abdullah Al-Mayouf.

Gol tersebut berawal dari eksekusi sepak pojok yang sempat dimentahkan pemain Arab. Namun, bola kembali dikuasai pemain Rusia.

Tanpa berlama-lama Aleksandr Golovin kembali melepaskan umpan silang ke depan mulut gawang Arab Saudi.

Umpan disambut oleh sambaran kepala Gazinskiy dari jarak dekat dan tidak mampu dicegah kiper Abdullah Al-Mayouf.

Berkat gol pertama ini, nama Gazinskiy sejajar dengan legenda timnas Jerman, Philipp Lahm, yang mencetak gol melalui umpan jitu pada peluang pertama. Pada Piala Dunia 2006, Lahm membuka papan skor pada laga pembuka mengalahkan Kosta Rika dengan skor 4-2.

Cara Gazinskiy mencetak gol pertama dengan kepala berarti mengulang pencapaian yang pernah ditorehkan gelandang Brasil, Cesar Sampaio, saat membuat gol pembuka di Piala Dunia dengan sundulan ke gawang Skotlandia pada 1998.

Tuan rumah menggandakan keunggulan menjadi 2-0 di babak pertama berkat gol tambahan dari gelandang Denis Cheryshev dua menit sebelum jeda.

Cheryshev merupakan pemain cadangan yang masuk pada menit ke-24 menggantikan Alan Dzagoev. (BolaSport/Wisnu Nova Wistowo)

Editor : Laksono Hari Wiwoho
Artikel Terkait

Berita Lainnya