Perjalanan Bintang Timnas Rusia di Piala Dunia 2018 Terancam Tamat

By Aloysius Gonsaga AE - Jumat, 15 Juni 2018 | 00:28 WIB
Gelandang Timnas Rusia, Alan Dzagoev (9), meninggalkan lapangan setelah mengalami cedera dalam laga pembukaan Piala Dunia 2018 melawan Arab Saudi, di Luzhniki Stadium, Moskow, 14 Juni 2018.
Gelandang Timnas Rusia, Alan Dzagoev (9), meninggalkan lapangan setelah mengalami cedera dalam laga pembukaan Piala Dunia 2018 melawan Arab Saudi, di Luzhniki Stadium, Moskow, 14 Juni 2018.

KOMPAS.com - Alan Dzagoev digadang-gadang sebagai bintang terdepan Timnas Rusia pada Piala Dunia 2018.

Mencetak 9 gol dalam 57 penampilan internasional sebelum Piala Dunia 2018, Dzagoev diharapkan bisa memimpin rekan-rekannya tampil baik seperti yang pernah dilakukannya pada Piala Eropa 2012.

Seperti dikutip Bolasport.com dari The Guardian, Dzagoev dianggap sebagai "satu dari tiga pemain Timnas Rusia yang memiliki kapasitas untuk melukai lawan-lawan berlevel top".

(Baca Juga: Jadwal Lengkap Piala Dunia 2018, Awal dan Akhir di Moskwa)

Akan tetapi, penampilan gelandang serang berusia 27 tahun ini pada Piala Dunia 2018 terancam berakhir prematur. Pasalnya, Dzagoev dibekap cedera dalam laga perdana penyisihan Grup A.

Dia menjadi starter dalam partai pembukaan menghadapi Arab Saudi di Stadion Luzhniki, Moskow, Kamis (14/6/2018). Namun, belum genap bermain selama separuh babak pertama, pemain CSKA Moscow ini mengalami cedera dan ditarik keluar untuk digantikan oleh Denis Cheryshev pada menit ke-24.

Hampir bisa dipastikan dia mengalami cedera hamstring. Kepastian baru bisa didapatkan setelah Dzagoev menjalani tes MRI.

Apabila benar mengalami cedera hamstring, ada kemungkinan Piala Dunia 2018 sudah berakhir bagi Dzagoev. Sebab, cedera hamstring membutuhkan waktu berminggu-minggu untuk pulih.

Bahkan jika Timnas Rusia mampu melangkah jauh sampai ke final, Dzagoev hanya punya waktu sekitar empat minggu untuk sembuh. Dia kelihatannya tidak akan memiliki cukup waktu untuk kembali tampil dalam level kebugaran terbaik.

Rusia tidak bisa lagi mengganti Dzagoev karena sesuai peraturan, sebuah tim hanya diizinkan untuk mengganti personel yang cedera dalam 24 jam sebelum pertandingan pertama.

Untungnya, pengganti Dzagoev dalam laga melawan Arab Saudi mampu tampil baik. Cheryshev mencetak dua gol pada menit ke-43 dan 90'. Sebelumnya Rusia unggul 1-0 lewat Yury Gazinsky pada menit ke-12, kemudia ditambah lesakkan Artem Dzyuba (71') dan Aleksandr Golovin (90'). (Dwi Widijatmiko)

Editor : Aloysius Gonsaga AE
Sumber : BolaSport
Komentar

Artikel Terkait

Berita Lainnya