Shalat Ied di Kota Pembukaan Piala Dunia 2018

By - Sabtu, 16 Juni 2018 | 07:38 WIB
Suasana Shalat Ied di jalanan sekitar Masjid Moskovskaya Sobornaya Mechet, Moskow, pada hari Idul Fitri 1439 H, Jumat (15/6/2018).
Suasana Shalat Ied di jalanan sekitar Masjid Moskovskaya Sobornaya Mechet, Moskow, pada hari Idul Fitri 1439 H, Jumat (15/6/2018).

Laporan langsung wartawan BolaSport.com, Firzie A. Idris dan Herka Yanis, dari Rusia. 

MOSKWA, KOMPAS.com - Suasana berbeda dirasakan tim peliput Kompas Gramedia untuk Piala Dunia 2018. Pada lebaran Idul Fitri 1439 Hijriah tahun ini, mereka merayakannya di Rusia, tuan rumah Piala Dunia 2018. 

Hal itu juga dirasakan Firzie A. Idris dan Herka Yanis dari BolaSport.com. Mereka berada di Moskwa untuk ikut merayakan hari kemenangan dengan menunaikan shalat Ied di Moskovskaya Sobornaya Mechet, masjid terbesar di ibu kota Rusia tersebut dan juga Eropa.

Masjid yang jika diterjemahkan adalah Masjid Agung Moskwa itu terletak di dekat Taman Yekaterinski, sekitar 10 kilometer sebelah utara Stadion Luzhniki.

Baca juga: Jadwal Lengkap Piala Dunia 2018, Awal dan Akhir di Moskwa

BolaSport.com memesan taksi untuk menempuh jarak sekitar 30 menit dari markas tim Kompas Gramedia di dekat Moscow State University.

Jalanan sekitar masjid sudah telrihat penuh saat BolaSport.com mendekati masjid berkapasitas 10.000 orang tersebut.

Langit cerah sekali menghiasi Moskow pada pagi hari itu. Pihak keamanan juga tersebar di berbagai area demi memperketat penjagaan bagi mereka yang ingin melaksanakan ibadah.

 

Masjid Agung Moskwa diresmikan pada September 2015 oleh Presiden Rusia Vladimir Putin Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, dan pemimpin Palestina Mahmoud Abbas.

Bangunan baru ini berdiri di situs masjid lama yang diruntuhkan pada 2011. Konstruksi masjid baru memerlukan biaya 170 juta dolar AS alias sekitar Rp 2,3 triliun.

AFP Perancis Vs Australia

Editor : Jalu Wisnu Wirajati
Sumber : BolaSport
Artikel Terkait

Berita Lainnya