Kalahkan Belgia di Semifinal, Perancis ke Final Piala Dunia 2018

By Hanief Syafi Al Umam - Rabu, 11 Juli 2018 | 03:15 WIB
Samuel Umtiti merayakan gol Perancis ke gawang Belgia pada pertandingan semifinal Piala Dunia 2018 di St. Petersburg, 10 Juli 2018.
Samuel Umtiti merayakan gol Perancis ke gawang Belgia pada pertandingan semifinal Piala Dunia 2018 di St. Petersburg, 10 Juli 2018.

ST PETERSBURG, KOMPAS.com — Timnas Perancis berhasil menang 1-0 atas timnas Belgia pada babak semifinal Piala Dunia 2018 yang digelar di Stadion St Petersburg, Selasa (10/7/2018) atau Rabu dini hari WIB.

Gol Perancis dicetak oleh Samuel Umtiti pada menit ke-51.

Pada babak pertama, baik Perancis maupun Belgia menunjukkan kegigihannya untuk memenangi laga semifinal ini.

Belgia mendapatkan peluang pertama pada menit ke-15. Namun, tendangan keras Eden Hazard masih melebar dari gawang Hugo Lloris.

Baca Juga: 6 Hewan yang Pernah Dipakai untuk Memprediksi Juara Piala Dunia

Tiga menit berselang, Perancis mendapatkan peluang ketika Blaise Matuidi melesatkan tendangannya namun masih bisa ditepis oleh Thibaut Courtois.

Pada menit ke-22, Belgia kembali mendapat peluang melalui tendangan Toby Alderweireld, memanfaatkan sepak pojok Nacer Chadli yang gagal diamankan Olivier Giroud. Bola ditendang langsung oleh Alderweireld, tetapi masih bisa ditepis oleh Hugo Lloris.

Pemain belakang Perancis, Benjamin Pavard, sempat akan membuka keunggulan pada menit ke-40, tetapi sontekannya masih mengenai Thibaut Courtois sehingga belum menggetarkan gawang Belgia.

Hingga babak pertama berakhir, belum tercipta gol sama sekali pada laga ini.

Baca Juga: Perbandingan Inggris 1996 dan 2018 di Mata Gareth Southgate

Pada babak kedua, Perancis berhasil membuka keunggulan.

Tendangan pojok Antoine Griezmann berhasil disundul dengan sempurna oleh Samuel Umtiti pada menit ke-51 sehingga skor berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan Perancis.

Pada menit ke-57, Perancis mendapat peluang, tetapi tendangan Giroud berhasil diblok oleh pemain Belgia.

Belgia beberapa kali mendapatkan peluang untuk menyamakan kedudukan, salah satunya pada menit ke-81. Axel Witsel melesatkan tendangan jarak jauh namun berhasil ditepis oleh Hugo Lloris.

Hingga pertandingan berakhir, skor bertahan 1-0 untuk keunggulan Perancis.

Dengan kemenangan ini, Perancis memastikan langkah ke babak final Piala Dunia 2018.

Baca juga: Neymar Lebih Sering Ganti Gaya Rambut daripada Cetak Gol di Piala Dunia 2018

Berikut susunan pemain Perancis vs Belgia:

Perancis: 1-Hugo Lloris; 2-Benjamin Pavard, 4-Raphael Varane, 5-Samuel Umtiti, 21-Lucas Hernandez; 13-N'Golo Kante, 6-Paul Pogba, 10-Kylian Mbappe, 7-Antoine Griezmann, 14-Blaise Matuidi; 9-Olivier Giroud

Pelatih: Didier Deschamps

Belgia: 1-Thibaut Courtois; Toby Alderweireld, 4-Vincent Kompany, 5-Jan Vertonghen; 7-Kevin De Bruyne, 6-Axel Witsel, 8-Marouane Fellaini, 19-Moussa Dembele, 22-Nacer Chadli; 10-Eden Hazard, 9-Romelu Lukaku

Pelatih: Roberto Martinez

Wasit: Andres Cunha (Uruguay)

Editor : Jalu Wisnu Wirajati
Artikel Terkait

Berita Lainnya