VAR Bikin Sepak Bola Lebih Bersih, Jujur, dan Transparan

By M. Hafidz Imaduddin - Sabtu, 14 Juli 2018 | 09:09 WIB
Situasi ruang kontrol Video Assistant Referee (VAR) di International Broadcast Centre (IBC), Moskwa, pada 9 Juni 2018.
Situasi ruang kontrol Video Assistant Referee (VAR) di International Broadcast Centre (IBC), Moskwa, pada 9 Juni 2018.

MOSKWA, KOMPAS.com - Presiden Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA), Gianni Infantino, menyebut penggunaan video alat bantu wasit atau video assistant referee (VAR) pada Piala Dunia 2018 sangat sukses dan membuat sepak bola menjadi lebih baik.

Topik penggunaan VAR di sepak bola menjadi hangat diperbincangkan pada penyelanggaran Piala Dunia 2018. Tahun ini merupakan debut VAR pada ajang kompetisi antarnegara empat tahunan itu. 

Publik pun terpecah menjadi dua kubu antara yang pro dan kontra dengan penggunaan VAR ini. Pasalnya, tidak sedikit pertandingan yang hasil akhirnya ditentukan oleh keputusan wasit setelah meninjau tayangan ulang melalui VAR.

Baca juga: Presiden FIFA Tidak Berani Kritik Neymar dan Lionel Messi 

Menurut Gianni Infantino, penggunaan VAR pada Piala Dunia 2018 membuktikan bahwa sepak bola bisa menjadi olahraga yang lebih sportif karena keputusan wasit dibuat dengan benar.

"Hasilnya benar-benar positif. Dari 62 pertandingan terdapat 140 kali penggunaan VAR dan ada 16 keputusan yang berubah dari salah menjadi benar. Ini adalah kemajuan," kata Gianni Infantino dikutip dari Sports Ilustrated, Jumat (13/7/2018).

"VAR membuat sepak bola menjadi lebih bersih, jujur, dan transparan. Setelah penggunaan VAR, tingkat kebenaran keputusan di lapangan menjadi 99,32 persen," ujar Gianni Infantino.

Baca juga: Lalu Muhammad Zohri, Debutan Pelari Pengganti yang Jadi Juara Dunia U-20

Gianni Infantino juga menjelaskan bahwa penggunaan VAR membuat para pemain bermain lebih bersih.

"Anda tidak akan lagi melihat gol yang dicetak dalam posisi offside. Tidak hanya itu, lihatlah jumlah perilaku kasar pada Piala Dunia ini. Tidak ada, karena mereka tahu semua orang akan melihatnya," ucap Gianni Infantino.

Salah satu keputusan wasit yang menjadi sorotan setelah meninjau VAR pada Piala Dunia 2018 adalah berkaitan dengan penalti.

Baca juga: Tim Sepak Bola Thailand yang Selamat dari Gua akan Menerima Penghargaan dari FIFA

Dikutip dari The Sun, hingga semifinal sudah terjadi 28 penalti dimana 10 diantaranya terjadi setelah wasit melihat VAR.

Jumlah 28 penalti itu juga menjadi rekor baru di Piala Dunia dalam satu kali penyelenggaraan. Sebelumnya, rekor terbanyak penalti adalah 18 buah pada edisi 1990, 1998, dan 2002.

Editor : Jalu Wisnu Wirajati
Sumber : Sports Illustrated
Artikel Terkait

Berita Lainnya