Southgate Masih Belum Bisa Lupakan Kekalahan Inggris dari Kroasia

By M. Hafidz Imaduddin - Sabtu, 14 Juli 2018 | 12:32 WIB
Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate, memberikan keterangan kepada pers setelah mengumumkan skuat final untuk Piala Dunia 2018, 17 Mei 2018 di Wembley, London.
Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate, memberikan keterangan kepada pers setelah mengumumkan skuat final untuk Piala Dunia 2018, 17 Mei 2018 di Wembley, London.

KOMPAS.com - Pelatih timnas Inggris, Gareth Southgate menyebut kekalahan dari timnas Kroasia akan selalu berada dalam ingatannya sebagai kenangan terburuk.

"Kami mengalami masa yang sulit setelah kekalahan itu, terutama dalam hal mental. Hal ini akan terus berada di ingatan saya selamanya," kata Southgate dikutip dari ESPN, Sabtu (14/7/2018).

Inggris mengubur mimpinya tampil di final Piala Dunia 2018 setelah kalah 1-2 dari Kroasia di semifinal. Sempat unggul terlebih dahulu lewat Kieran Trippier pada menit ke-5, Inggris kalah secara dramatis pada babak perpanjangan waktu.

Baca juga: FIFA Denda Inggris Rp 1 Miliar karena Kaus Kaki

Gol Ivan Perisic pada menit ke-68 memaksa Inggris kembali bermain setelah waktu normal sebelum akhirnya gol Mario Mandzukic (109) menjadi penentu kemenangan Kroasia.

Mengingat kembali pertandingan versus Kroasia, Southgate mengaku masih tidak percaya Inggris harus pulang dengan cara seperti itu.

"Kami sudah sangat dekat dengan final. Saya tidak mungkin bisa melupakan hal itu. Alasan kami (Inggris) di sini untuk mencapai tujuan yang besar," kata Southgate menambahkan.

Baca juga: Lalu Muhammad Zohri, Debutan Pelari Pengganti yang Jadi Juara Dunia U-20

Meskipun begitu, Southgate menyebut anak asuhnya akan menampilkan penampilan terbaik untuk mengakhiri kompetisi di posisi ketiga.

"Kami sudah berada dalam motivasi tertinggi untuk tampil dan pulang dengan medali (perunggu) di Piala Dunia," ucap Southgate.

"Pemain kami sudah sangat luar biasa. Energi dan keinginan mereka di kompetisi ini sangat baik. Kami sudah menetapkan standar tinggi tentang bagaimana cara bekerja dan bermain. Kami akan terus seperti itu hingga akhir," ucap mantan pelatih Middlesbrough ini.

Baca Juga: Gareth Southgate Bertahan di Timnas Inggris hingga 2022

Pada perebutan posisi ketiga, Inggris akan berhadapan dengan timnas Belgia yang kalah 1-2 dari timnas Perancis di semifinal.

Inggris dan Belgia akan bermain di Stadion Saint-Petersburg pada Sabtu (14/7/2018) pukul 21.00 WIB. Laga ini akan disiarkan langsung oleh Trans TV.

Editor : Jalu Wisnu Wirajati
Sumber : ESPN
Artikel Terkait

Berita Lainnya