Final Piala Dunia 2018, Mandzukic Cetak Rekor Unik

By M. Hafidz Imaduddin - Senin, 16 Juli 2018 | 00:19 WIB
Mario Mandzukic memenangi duel melawan Samuel Umtiti dalam pertandingan final Piala Dunia 2018 di Stadion Luzhniki, 15 Juli 2018.
Mario Mandzukic memenangi duel melawan Samuel Umtiti dalam pertandingan final Piala Dunia 2018 di Stadion Luzhniki, 15 Juli 2018.

MOSKWA, KOMPAS.com — Penyerang timnas Kroasia, Mario Mandzukic, menjadi pemain pertama yang mencetak gol ke gawang lawan dan gawang sendiri pada laga final Piala Dunia.

Selain itu, Mandzukic menjadi pemain ketiga yang melakukan hal ini di Piala Dunia.

Sebelumnya, ada pemain Rusia, Sergei Ignashevich, pada Piala Dunia 2018 dan pemain Belanda, Ernie Brandts, pada edisi 1978.

Hal itu terjadi pada laga final Piala Dunia 2018 saat Kroasia berjumpa timnas Perancis di Stadion Luzhniki, Minggu (15/7/2018).

Baca juga: Final Piala Dunia 2018 - Kroasia Kalah, Kutukan Kiper AS Monaco Masih Lestari

Gol bunuh diri Mandzukic terjadi pada menit ke-18 yang menjadi gol pertama Perancis. Bermaksud menghalau tendangan bebas Antoine Griezmann, bola yang menyentuh kepala Mandzukic malah masuk ke gawang sendiri.

Melakukan kesalahan di babak pertama, Mandzukic berhasil membayarnya di babak kedua dengan mencetak gol.

Mandzukic berhasil memanfaatkan kesalahan lini belakang Perancis. Pemain Juventus ini merebut bola dari kaki kiper Hugo Lloris sesaat setelah menerima umpan dari Samuel Umtiti untuk kemudian memasukkan bola.

Namun, gol Mandzukic ini tidak mampu menyelamatkan Kroasia dari kekalahan. Kroasia harus merelakan gelar juara kepada Perancis setelah kalah dengan skor 2-4.

Meskipun mengakhiri kompetisi di posisi kedua, Kroasia berhasil melampaui catatan tahun 1998 yang menjadi peringkat ketiga.

Editor : Eris Eka Jaya
Sumber : OptaJoe
Artikel Terkait

Berita Lainnya